MATERI PERKULIAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( 27 Agustus 2010 )
SUBBAHAN è Teknologi Informasi
è Komponen Teknologi Informasi
Ø Data à merupakan kumpulan fakta
biasa diperlakukan sebagai raw material ( bahan mentah )
Ø Informasi à data yang sudah diolah, dimanipulasi, dan saling berhubungan
Data mentah è Proses è Informasi
( Jadi untuk menjadi sebuah informasi data harus mengalami proses terlebih dahulu.)
Ø Sifat Informasi
1. Perfect (sempurna, pasti )
2. Imperfect ( tidak sempurna, mengandung unsur ketidak pastian )
Ø Sumber Informasi
a. Observasi
b. Kuisioner
c. Pencatatan/perekaman
d. Pemodelan
e. Media masa
f. Alat telekomunikasi
g. Alat elektronik
h. dll
Ø Ciri-ciri Informasi yang baik
a. Tepat waktu
b. Akurat
c. Mudah diakses
d. Menghilangkan keraguan
e. Berhubungan
f. Berdasarkan fakta
Ø Evolusi abad informasi
1. Abad pertanian (sebelum tahun 1800)
àmenggunakan tenaga manusia dan tangan
2. Abad industri (1800 – 1957 )
àmenggunakan tenaga manusia dan mesin
3. Abad informasi ( 1957 sampai sekarang)
àmenggunakan tenaga teknologi informasi
Ø Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat yang lebih banyak bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri
Ø Teknologi
- Aplikasi praktis dari sains dan industri atau bisnis
- Pengaplikasian pengetahuan sains fisik àpraktis
Ø Teknologi Informasi
è penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
Ø Perlunya Teknologi Informasi
o Kompleksitas tugas manajemen
o Pengaruh globalisasi (globalisasi membuat semua membutuhkan informasi yang cepat, dan sebaliknya karena adanya Teknologi informasi globalisasi berjalan dengan cepat.)
o Perlunya response time cepat
o Tekanan persaingan bisnis
o Peningkatan layanan
Ø Komponen utama Teknologi Informasi
1. Hardware (perangkat keras dari sebuah computer )
2. Software
àdapat disebut sebagai sebuah software jika terdiri dari:
-program
-dokumen
-data
Jika salah satu tidak ada maka tidak bisa disebut sebuah software
3. Brainware (manusia yang berhubungan dengan system computer )
4. Firmware (software yang ditanamkan ke hardware secara semi-permanen)
e.g : BIOS, intruksi yang disimpan permanen di RAM
5. Infoware
-user manual
-SOP
-Cyber Law
Ø Penerapan Teknologi Informasi
o Industri
o Perbankan
o Pendidikan
o Kesehatan
o Pemerintahan
o Hiburan
o dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar